Era teknologi Informasi sudah lewat, bukan berarti hilang, walau mungkin masih relevan tetapi tentu saja dibutuhkan kreativitas untuk hasil yang maksimal. Produk yang dipasarkan bukan hanya harus diketahui oleh konsumen.
Saat ini yang sedang booming adalah ekonomi kreatif, dalam artian produk bukan hanya harus dikenal tetapi juga harus punya nilai tersendiri sebagai pembanding dari produk yang lain.
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Inovasi menjadi penting untuk menjadikan produk lain dari pesaing.
Diera ekonomi informasi yang sebelumnya booming, penguasaan informasi sangat penting untuk bersaing, karena sebelumnya informasi sedang berkembang dengan jangkauan luas, tetapi infomasi hanya dikuasai sebagian orang.
Saat ini informasi menjadi barang yang lumrah, hampir semua produk dan jasa mampu membuatnya. Dan pada titik inilah kratifitas menjadi penentu keberhasilan produk.
Dalam cetak biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015, ekonomi kreatif didefinisikan sebagai "Era baru ekonomi setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya."
Ekonomi kreatif yang mengedepankan ide dan kreatifitas sebagai faktor utama dalam produksinya mampu di implementasikan hampir semua jenis industri baik itu produk, jasa atau layanan.
Contohnya dibidang kuliner sebagai industri yang sudah ada dari dahulu, dimana saat ini trend kuliner menjadi salah satu sektor ekonomi yang mengimplementasikan ekonomi kreatif didalamnya. Dimana bukan hanya membuat kuliner yang baru tetapi juga membuat kuliner lama memiliki gaya, citarasa dan bentuk baru.
Contoh lain adalah industri permainan, industri yang berkembang sangat cepat. Dalam industri game, kreatifitas menjadi faktor penentu bagaimana produk yang dihasilkan bisa bersaing.
Dalam ekonomi kreatif informasi bukan hanya sekedar alat memasarkan tetapi juga alat untuk membangun trend, popularitas sehingga produk bisa bertahan.
Komentar
Posting Komentar