Langsung ke konten utama

Ekonomi Kreatif

Era teknologi Informasi sudah lewat, bukan berarti hilang, walau mungkin masih relevan tetapi tentu saja dibutuhkan kreativitas untuk hasil yang maksimal. Produk yang dipasarkan bukan hanya harus diketahui oleh konsumen.

Saat ini yang sedang booming adalah ekonomi kreatif, dalam artian produk bukan hanya harus dikenal tetapi juga harus punya nilai tersendiri sebagai pembanding dari produk yang lain.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Inovasi menjadi penting untuk menjadikan produk lain dari pesaing.

Diera ekonomi informasi yang sebelumnya booming, penguasaan informasi sangat penting untuk bersaing, karena sebelumnya informasi sedang berkembang dengan jangkauan luas, tetapi infomasi hanya dikuasai sebagian orang.

Saat ini informasi menjadi barang yang lumrah, hampir semua produk dan jasa mampu membuatnya. Dan pada titik inilah kratifitas menjadi penentu keberhasilan produk.

Dalam cetak biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015, ekonomi kreatif didefinisikan sebagai "Era baru ekonomi setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya."

Ekonomi kreatif yang mengedepankan ide dan kreatifitas sebagai faktor utama dalam produksinya mampu di implementasikan hampir semua jenis industri baik itu produk, jasa atau layanan.

Contohnya dibidang kuliner sebagai industri yang sudah ada dari dahulu, dimana saat ini trend kuliner menjadi salah satu sektor ekonomi yang mengimplementasikan ekonomi kreatif didalamnya. Dimana bukan hanya membuat kuliner yang baru tetapi juga membuat kuliner lama memiliki gaya, citarasa dan bentuk baru.

Contoh lain adalah industri permainan, industri yang berkembang sangat cepat. Dalam industri game, kreatifitas menjadi faktor penentu bagaimana produk yang dihasilkan bisa bersaing.

Dalam ekonomi kreatif informasi bukan hanya sekedar alat memasarkan tetapi juga alat untuk membangun trend, popularitas sehingga produk bisa bertahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhir Cerita Kekkaishi

Bagi pencinta anime kekkaishi ada kekecewaan pastinya, dimana anime kekkaishi tidak sampai pada akhir cerita seperti pada manganya. Bagi sebagian orang tidak masalah Karena bisa melanjutkan dengan membaca manganya. Tetapi cukup sulit juga mengungat manga kekkaishi berbahasa Indonesia masih belum lengkap dan cukup sulit mencarinya. Daripada panjang lebar mending langsung aja dah ke cerita akhir kekkaishi yang tidak ada animenya. Setelah kakuboro hancur semua kembali normal tetapi bukan berarti tidak ada ancaman, justru ancaman dan serangan ke karasumori semakin besar apalagi kelompok urakai ikut campur dan beberapa pemimpinnya tertarik dengan kekuatan karasumori. Ichiro ougi menjadi salah satu pemimpin urakai pertama yang mencoba menguasai karasumori, Karena dia orang buangan dari keluarga ichiro yang mengasai angin dan termasuk klan yang kuat dan ditakuti, oleh Karena itu masamori berusaha menghadapinya sendiri tanpa melibatkan keluarga yukimura dan sumimura terutama pewaris sah

Mencoba Bisnis Afiliasi Tokopedia

Gara-gara istri ikut program afiliasi dari shopee dan mendapatkan komisi walau tidak seberapa, akhirnya saya juga ikutan tapi bukan afiliasi shopee tapi salah satu saingannya yaitu Tokopedia. Kenapa nggak disamain ? Ya biar beda biar ada perbandingan dan juga biar sama-sama bisa saling membantu, saya bisa sharing afiliasi shopee punya istri juga sebaliknya. Dengan punya dua afiliasi (shopee dan Tokopedia) selain untuk perbandingan juga bisa menambah sumber penghasilan walau masih belum terasa, masih dibutuhkan banyak perjuangan dan kesabaran. Sistem Bisnis afiliasi entah Tokopedia atau situs lain tergolong sama, kita harus bisa mendapatkan penjualan untuk mendapatkan komisi, dan mendatangkan penjualan bukan perkara mudah tetapi dengan terus promosi lambat Laun kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Salah satu cara terbaik memulai bisnis afiliasi adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi dan menyebarkan produk dengan link afiliasi kita. Cukup mudah untuk

Kekkaishi - Urakai

Urakai atau organisasi bayangan dalam serial anime dan manga kekkaishi, urakai adalah organisasi rahasia yang dibentuk untuk menjaga keseimbangan dunia, urakai dibentuk saat dunia kacau setelah perang. Hazama tokimori (pendiri teknik kekkai) termasuk dari salah satu pendiri urakai. Pimpian urakai terdiri dari 12 kursi. Pimpinan tertinggi ada pada ketua yang menduduki kursi satu. Ketua satu dan dua urakai sudah memimpin urakai dari awal urakai dibentuk, Persaingan keduanya akan membuat urakai hancur pada akhirnya, selain itu hampir semua pemimpin urakai adalah manusia yang udah bukan manusia lagi, kekuatan dan hasrat untuk lebih kuat udah bikin mereka lupa diri. Kalau dalam anime urakai udah muncul cuma masih belum banyak berperan, cuma baru Ichirou ougi yang bekerja sama sama kokuboro buat nguasain karasumori. Masamori sendiri ketua yang menduduki kursi ke 7, juga sebagai ketua yagyou atau pasukan malam salah satu divisi urakai. Urakai sendiri gabungan dari orang-orang heba