Bing menjadi mesin pencari generasi keempat dari Microsoft. Sebelum mantap dengan Bing, Microsoft sempat mengembangkan beberapa mesin pencarian web yaitu Live Search, Windows Live Search dan MSN Search.
Walau pengguna jauh dibawah google, Bing berada diposisi kedua sebagai mesin pencari yang banyak digunakan, selain itu pertumbuhan pengguna mengalami peningkatan yang signifikan. Khususnya untuk pengguna wilayah Eropa dan Amerika.
Penggunaan mesin pencari web dimasa yang akan datang lebih variatif, walau google masih menguasai pasar, tetapi melihat pertumbuhan pengguna Bing, yandex atau Baidu yang cepat bukan tidak mungkin google akan tersaingi.
Kualitas hasil pencarian sendiri tidak jauh beda baik Bing, google atau mesin pencari lain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perasingan sendiri Tergantung bagaimana perusahaan besar tersebut merebut pasar.
Microsoft sendiri sedang gencar melakukan promosi untuk pengguna mesin pencari Bing kawasan Eropa dan Amerika, selain itu Bing disematkan pada layanan dan produk Microsoft lainnya. Mesin pencari Bing juga terintegrasi dengan layanan Microsoft Network.
Mesin pencari Yahoo juga menggunakan data Bing. Dengan kolaborasi Yahoo dan Bing dari Microsoft, optimasi mesin pencari mesin pencari Bing tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu sebaiknya blog atau situs yang kita kelola harus didaftarkan pada Bing webmaster.
Algoritma Bing
Sama seperti google, Microsoft juga merahasiakan algoritma yang digunakan untuk menentukan SERP pada mesin pencari Bing.
Optimasi Mesin Pencari Bing
SEO sama saja kayaknya, ketika melakukan optimasi untuk mesin pencari google secara tidak langsung kita sudah mengoptimasi untuk mesin pencari lain. Tetapi tentu saja pasti ada perbedaan algoritma mesin pencari.
Dengan algoritma yang berbeda SERP akan berbeda, selain itu indeks yang dilakukan Bing lebih sedikit dibanding google, pengalaman saya pada blog ini hampir semua artikel keindeks google, sedangkan untuk Bing hanya beberapa artikel yang keindek.
Kualitas Konten
Ini berlaku buat semua mesin pencari, kualitas blog dan isinya menjadi mutlak buat bersaing pada ranking pencarian (SERP). Jadi kualitas konten harus menjadi fokus dalam mengelola blog.
Bing Webmaster
Blog bisa terindex tanpa mendaftarkan pada Bing webmaster, tetapi tentu saja itu kurang maksimal. Untuk saat ini bisa dibilang hampir semua mesin pencari memprioritaskan situs atau blog yang menggunakan layanan dari induknya.
Contohnya nilai DA dan PA blog akan lebih baik jika kita menggunakan layanan moz (walau sebagai pengguna gratisan ) sebagai situs pemberi peringkat DA dan PA. Begitu juga dengan Bing, situs atau blog pengguna layanan dari Microsoft akan lebih diprioritaskan.
Salah satunya ya Bing Webmaster, oleh karena itu saran saya daftarkan blog pada Bing webmaster, dan jangan lupa kirim peta situs blog agar mesin pencari Bing rajin mengindeks blog kita.
Lewat Bing webmaster kita bisa mengetahui performa blog kita dalam jumlah indeks, SERP, backlink dan lainnya.
Selain Bing webmaster tentu saja masih banyak layanan Microsoft lain yang juga bisa meningkatkan nilai SERP mesin pencari Bing. Contohnya seperti Microsoft Edge sebagai browser dari Microsoft, Hotmail dll.
Biar bagaimana sebagai layanan dari Microsoft, Bing juga menggunakan data dari layanan Microsoft lainnya buat memaksimalkan kualiats dan tentu saja supaya semua layanan terintergrasi dan semakin banyak penggunanya.
Indek Backlink Bing
Katanya backlink masih menjadi salah satu faktor yang menentukan buat SERP Bing. Tentu saja backlink yang dimaksud adalah backlink yang berkualitas dan terindek oleh Bing.
Jika sudah menggunakan Bing webmaster kita bisa mengetahui backlink blog kita yang keindek oleh Bing. Pengalaman saya dari blog ini, hanya sedikit backlink yang keindek oleh Bing. Sepertinya backlink yang keindek didapat dari halaman atau situs yang keindeks oleh Bing itu sendiri.
Oleh karena itu jika ingin memaksimalkan backlink buat ningkatin indek atau SERP pada Bing. Ada baiknya cari halaman yang juga keindeks oleh Bing, dengan begitu backlink yang kita tanam cepet terindek.
Komentar
Posting Komentar